How to Cook Tasty Sop Ikan

Sop Ikan.

Sop Ikan You can have Sop Ikan using 13 ingredients and 9 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Sop Ikan

  1. It's 3 ekor of Ikan Kakap Merah / Nila.
  2. Prepare of Wortel, Krai Timun dan Kentang (semuanya optional).
  3. It's of Jeruk Nipis, Tomat, Daun Jeruk, Daun Kemangi, Daun Prei & Sereh.
  4. You need of Minyak goreng untuk menumis bumbu.
  5. Prepare of Bumbu Yang Dihaluskan.
  6. It's 3 btr of Bawang Merah.
  7. Prepare 2 siung of Bawang Putih.
  8. It's 1 ruas of Jahe.
  9. You need 1 ruas of Kunyit.
  10. Prepare of Merica.
  11. Prepare of Kemiri.
  12. You need of Cabe Rawit / Cabe Setan (optional).
  13. It's of Garam, Gula Putih, Kaldu.

Sop Ikan step by step

  1. Siangi ikan (disini saya pakai ikan nila merah), bersihkan, potong sesuai selera (ukuran ikan). Kemudian lumuri dengan air jeruk nipis biar tidak amis..
  2. Iris Wortel, Krai Timun & Kentang. Ini optional ya. Kali ini saya tidak pakai kentang karena sudah doyan nasi. Kemarin saya kasih kentang karena belum mau makan nasi. Untuk wortel & krai timun tetap saya pakai karena sekaligus sebagai sayur. Dan sayuran juga penting buat tubuh. Iris juga tomat & daun preinya..
  3. Haluskan semua bumbu. Untuk cabe tidak saya haluskan karena saya ada anak kecil. Untuk daun jeruk boleh utuh. Dan sereh boleh hanya digeprek saja..
  4. Cabenya pun saya pakai cabe rawit saja karena si kakak tidak suka pedas banget. Yang suka pedas banget bisa pakai cabe setan. Jadi cabe rawitnya ini saya pilih yang kecil, saya bikin utuh tanpa dikerat/dibelah..
  5. Panaskan minyak dan tumis bumbu yang telah dihaluskan termasuk daun jeruk & sereh ya. Jika sudah harum tambahkan air (kira 2 gelas), tunggu hingga mendidih..
  6. Jika sudah mendidih, masukkan wortel & kentang. Tunggu hingga mendidih lagi baru masukkan krai timun..
  7. Setelah sayuran agak matang baru masukkan ikan dan cabe utuh. Begitu sudah mendidih lagi tambah gula, kaldu (saya pakai kaldu jamur totole). Cek rasa..
  8. Jika rasa sudah oke masukkan daun prei dan tomat..
  9. Jika sudah masak, masukkan kemangi dan matikan kompor. Sop ikan siap dihidangkan. Sekali masak bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Karena sudah ada kentang/karbohidrat, sayuran dan lauk/protein..

More Articles

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "How to Cook Tasty Sop Ikan"

Posting Komentar